About Me

LightBlog

Breaking

LightBlog

Tuesday, September 15, 2015

Pentingnya minum air putih

Hai sobat…Tau enggak manfaat dari minum air putih? Minum air putih yang cukup akan menghindarkan tubuh kita dari dehidrasi.  Air putih yang masuk kedalam tubuh kita akan memproses semua nutrisi yang diperoleh dari makanan yang kita makan, dan membawa nutrisi kepada seluruh sel-sel dengan beredar melalui sistem limfatik. Kekurangan cairan dalam tubuh dapat menyebabkan sembelit, asma, alergi, hipertensi, masalah ginjal, migrain, kulit keriput, dan masih banyak masalah kesehatan lainnya.
Hayoo, siapa yang gak suka minum air putih? Mudah-mudahan setelah baca artikel ini sobat S’dogre akan rajin minum air putih.
Berikut adalah manfaat minum air putih:
1.     Air penting untuk menjaga kelembaban kulit serta memberikan nutrisi penting untuk sel-sel kulit, mengisi ulang jaringan kulit dan meningkatkan elastisitas. Hal ini nantinya akan membantu menunda munculnya tanda-tanda penuaan, seperti keriput dan garis-garis halus. Dengan demikian, untuk kulit lembut dan lentur, minum cukup air lebih penting daripada menerapkan krim topikal.
2.      Air adalah pengganti paling sempurna untuk tindakan perawatan mahal anti – penuaan. Air akan membuat kulit terhidrasi dengan baik, dengan demikian juga meningkatkan kecerahan kulit.
3.     Mencegah keriput: Air akan membuat sel-sel kulit terhidrasi dan bekerja dengan baik, sehingga minum air akan menjaga agar terhindar dari keriput. Air juga bermanfaat mengeluarkan kotoran dan racun dari sistem tubuh, yang akan menjaga wajah Anda segar dan bersih, serta mengurangi jerawat.
Melancarkan pencernaan: Air juga membantu proses pencernaan, karena ia membantu menjaga ginjal bekerja secara normal. Jika ada kekurangan air dalam tubuh, maka akan mengakibatkan sembelit. Jadi orang-orang dengan masalah sembelit harus minum banyak air untuk menjaga sistem pencernaan mereka normal kembali.
4.     Keseimbangan Berat Badan: Ketika kehilangan banyak air, maka ginjal tidak dapat berfungsi dengan baik sehingga akan menumpahkan kelebihan beban pada hati. Hati bertugas membantu membakar lemak menjadi energi, akan tetapi ketika harus melakukan pekerjaan lebih banyak, maka ia tidak dapat membakar banyak lemak menjadi energi sebagaimana mestinya, sehingga lemak sebagian akan disimpan. Minumlah air dalam jumlah yang baik untuk mencegah penyimpanan lemak, serta untuk menjaga kesehatan. Jadi bisa dikatakan bahwa berat badan yang ideal adalah salah satu keuntungan dari cukup minum air.

Tapi kebanyakan minum air juga enggak baik lho, dapat menyebabkan kondisi langka yang disebut Hiponatremia (kadar natrium darah yang rendah). Terus gimana…? Ya kita minum air putih sesuai dengan kebutuhan dan yang penting seimbang.  The Institute of Medicine telah menetapkan bahwa asupan air perhari untuk laki-laki adalah 3 liter, dan untuk wanita adalah 2,2 liter.

1 comment:

Adbox